Berdasarkan Undang-undag Republik Indonesia tentang Kesehatan tahun 2009, tujuan dari pembangunan nasional khususnya bidang kesehatan adalah tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang optimal untuk meningkatkan produktivitas dan memperkuat daya saing bangsa yang semakin ketat. Upaya memperhatikan kesehatan masyarakat tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah namun juga memerlukan andil dari masyarakat. Pemahaman tentang obat terkait penggunaan, penyimpanan dan pembuangan yang masih terbatas di masyarakat seringkali menyebabkan terjadinya efek yang tidak diinginkan dari obat hingga terjadinya penyalahgunaan obat.

Diketahui bahwa berdasarkan data dari BNN tahun 2015 penyalahgunaan obat pada anak terjadi pertama kali dengan umur terendah anak yaitu 10 tahun (rata-rata 13 tahun) dan menurut Komisi Perlindungan Anakan Indonesia (KPAI) tahun 2017, terjadi peningkatan penyalahgunaan obat oleh anak dari 0,83% tahun 2011 menjadi 1,50% pada tahun 2016. Selain kasus penyalahgunaan obat, minimnya pengetahuan tentang obat pada anak membuat anak menjadi penerima obat yang pasif atau sering kali bersikap enggan untuk patuh minum obat demi kesembuhan penyakit atau gangguan yang dideritanya, karena beranggapan obat memiliki rasa yang pahit dan tidak enak. Pemberian informai obat pada anak dirasa sangat perlu karena minimnya pengetahuan anak dibidang kesehatan khususnya obat, serta sebagai upaya pencegahan terjadinya kasus penyalahgunaan obat dan timbulnya masalah kesehatan baru.

Berlandaskan hal tersebut diatas, Program Farmasi UNDIP melaksanakan agenda pengabdian masyarakat berupa Pemberian Informasi Obat pada Siswa SD Pandean, Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, pada Senin, 30 Mei 2022, pukul 11.00 – 15.00 WIB bertempat di SD Pandean, Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarkat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak mengenai penggunaan obat-obatan melalui pendekatan media pembelajaran yang menyenangkan dengan tema Pemberian Informasi Obat pada Siswa SD, sekaligus untuk mengajak masyarakat terutama anak-anak untuk peduli terhadap penggunaan obat yang baik dan tepat, yang digunakan untuk diri sendiri, keluarga, orang lain, dan masyarakat sekitar. Pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh beberapa staf dosen, yaitu Fitri Wulandari, M.Clin.Pharm., Apt., Evieta Rohana, M. Farm., Apt., Nuraini Ekawati, M.Sc., Apt., Wimzy Rizqy Prabhata, M.Sc., Apt., Dra. M.G. Isworo Rukmi, M.Sc.

Kegiatan ini mendapat sambutan yang baik dari para guru di SD Pandean, siswa-siswi yang antusias mengikuti kuis interaksitif yang menyenangkan, serta tanya-jawab yang dinilai memperlihatkan keberhasilan tersampainya informasi yang diberikan. Secara keseluruhan kegiatan ini berlangsung dengan baik, dan kami mengucapkan terimakasih kepada para pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan.