Beberapa waktu belakangan ini terjadi peningkatan angka kejadian gagal ginjal akut pada bayi dan balita yang dikaitkan dengan kadar cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) yang melebihi ambang batas yang dipersyaratkan dari sebuah sediaan sirup. Kejadian ini menjadi pembeajaran bagi seluruh industri farmasi di Indonesia untuk senantiasa meningkatkan mutu dalam pembuatan sediaan farmasi. Bertolak dari permasalah diatas, dalam rangka meningkatkan kompetensi majasiswa untuk mengetahui pentingnya proses penjaminnan mutu dalam produksi sediaan farmasi, maka Prodi Farmasi Universitas Diponegoro menyelenggarakan kuliah tamu yang mengulas lebih lanjut mengenai peran farmasis dalam penjaminan mutu sediaan farmasi di industri farmasi.

Kuliah tamu ini diselenggarakan dengan narasumber Dr.MR.Roestan, MBA., Apt. (Direktur Operasional PT. BIofarma Persero Indonesia). Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai upaya untuk memberikan gabaran pada mahasiswa Prodi Farmasi FK Undip mengenai Penjaminan Mutu Sediaan Farmasi di Industri Farmasi

Waktu dan pelaksanaan kegiatan diadakan pada tanggal 27 Februari 2023, Pukul: 08.30-12.30 WIB. bertempat di Smart Class, Gedung B, Fakultas Kedokteran UNDIP, dengan peserta yaitu mahasiswa prodi Farmasi Undip yang berjumlah kurang lebih 160 orang, dan tidak menutup andil bagi alumni atau mahasiswa lain untuk bergabung secara online.

Adapun luaran yang pembelajaran yang diharapkan melalui kuliah tamu ini adalah:

  1. Definisi penjaminan mutu dan pentingnya penjaminan mutu sediaan farmasi
  2. Alur dan proses penjaminan mutu sediaan farmasi di industri farmasi
  3. Peran Quality Control dan Quality Assurance di Industri Framasi dalam menjamin mutu
  4. Peran Quality Management System (QMS) dan Quality risk Management (QRM) dalam menjamin mutu sediaan farmasi
  5. Peran farmasis dalam penjaminan mutu sediaan farmasi di industri farmasi
  6. Arah dan kebijakan kedepan dalam penjamin mutu sediaan farmasi di industri farmasi

 

———————————————————————————————–
Program Studi Farmasi | Fakultas Kedoketran | Universitas Diponegoro | 2023 | Ig: @farmasiundip