Dalam rangka menindaklanjuti rencana pembukaan Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, maka salah satu kegiatan yang diusulkan untuk menunjang rencana tersebut adalah studi banding ke beberapa universitas yang telah memiliki PSPA yang dinilai baik. Hal ini bertujuan untuk dapat mempersiapkan pendirian PSPA dengan lebih matang dari berbagai aspek dan sesuai dengan kriteria yang diminta oleh LamPT-Kes, APTFI, maupun organisasi profesi yaitu IAI (Ikatan Apoteker Indonesia).

Studi banding dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui beberapa hal krusial dalam pembangunan Program Studi Profesi Apoteker, diantaranya syarat-syarat minimal yang harus dipenuhi, SDM dan manajemen, desain kurikulum, apotek pendidikan, lahan Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) serta hal-hal lainnya yang wajib diperhatikan dalam proses pendirian PSPA. Kunjungan tersebut dilakukan di PSPA Sekolah Farmasi ITB dan PSPA Fakultas Farmasi UNPAD.

Kunjungan ke ITB dilakukan pada hari Selasa, 19 Juli 2022 pagi dterima oleh Kaprodi Profesi Apoteker, Dr. apt. Elin Julianti, M.Si., koordinator PKPAUKAI-OSCE-CBT Dr. apt. Satriadi, M.Si., dan koordinator PerkuliahanLogistik- dan Keuangan, Dr. apt. Rika Hartati, M.Si., sedangkan kunjungan ke UNPAD dilakukan pada tanggal 20 Juli 2022 pagi disambut oleh Dekan Farmasi UNPAD yaitu Prof. Dr. Ajeng Diantini, M.Si., Apt dan Kaprodi PSPA UNPAD yaitu Dr. apt. Ida Musfiroh, M.Si. di gedung dekanat Fakultas Farmasi UNPAD.


 

Kunjungan juga dilakukan ke PT. Biofarma Persero Bandung, dalam rangka Menyusun workplan Kerjasama Pendidikan dan penelitian Prodai Farmasi. Kunjungan dilakukan pada Selasa, 19 Juli 2022 siang diterima oleh direktur operasi BioFarma bapak M. Rahman Roestam, Direktur Ltbang bapak Adriansjah Azhari, tim HRD yang diwakilkan oleh bapak Attar dan Ibu Ika, tim RnD, dan juga tim Litbang di ruang rapat Gedung Biofarma Pasteur. Kunjungan ke Biofarma mendiskusikan terkait kerja sama di bidang pendiidkan, berkaitan dengan beberapa program magang mahasiswa dan riset khusus untuk dosen, serta Kerjasama di bidang penelitian kaitannnya dengan hilirisasi produk hasil penelitian dari institusi, proses penjaminan mutu produk, dan kerjasama penelitain lainnya dibidang produk bioologis.

Kegiatan studi banding khususnya untuk pendirian PSPA di Fakultas Kedokteran, dan kunjungan langusng ke instansi pemeriantah PT. Biofarma Persero, sangat bermanfaat untuk pengembangan Prodi Farmasi FK Undip. Berbagai informasi, masukan, dan saran yang didapatkan dalam kegiatan ini dapat membantu dalam penyusunan rencana pengambangan Prodi Farmasi FK Undip, terutama untuk pembukaan Prodi Profesi Apoteker FK Undip.